Bahaya Makan Jeroan Yang Tidak Kamu Ketahui

oleh -376 Dilihat
bahaya makan jeroan

1. Tinggi kolesterol

Jeroan memang dikenal dengan kandungan lemak serta kolesterol yang tinggi. Kolesterol tinggi dapat berakibat buruk pada tubuh yang menimbulkan berbagai penyakit seperti jantung koroner, stroke, serta obesitas. Biasanya bagian jeroan yang paling tinggi mengandung kolesterol antara lain hati, usus, dan otak.

Konsumsi jeroan tentu boleh saja tetapi secukupnya saja. Disarankan saat mengonsumsi jeroan didampingi dengan hidangan sayuran serta buah-buahan yang berfungsi untuk mencegah penyerapan kolesterol dari makanan. Selain itu juga didamping dengan olahraga ringan secara rutin dan teratur seperti lari, jogging, renang, atau senam. Olahraga ini bisa dilakukan dalam waktu 30 – 60 menit setiap harinya.

2. Racun

Beberapa dari jeroan ternyata mengandung racun. Bagian jeroan seperti hati dan usus paling tinggi kandungan racun. Kandungan racun yang terdapat dalam jeroan antara lain timah, arsenik, merkuri, kromium, selenium, atau kadmium. Hati pada hewan memiliki fungsi yang sama seperti hati pada manusia. Hati berfungsi sebagai penyerap racun. Oleh karena itu, senyawa racun paling banyak terkandung dalam hati. Namun, anda dapat menyiasatinya dengan memasaknya dengan benar. Caranya, mulailah dengan mencuci hati hingga bersih. Kemudian rebus hingga benar-benar matang. Jika tidak dimasak dengan benar, kandungan racun yang ada dihati tidak hilang.  Sedangkan bagian jeroan lain seperti usus juga memiliki kandungan racun yang tinggi pula. Anda ketahui bahwa usus merupakan suatu organ berada dari ujung lambung hingga anus. Selain itu, usus juga sangat mudah terkontaminasi oleh penyakit lain. Jadi anda harus bisa memasaknya dengan benar dan benar-benar bersih. Hal yang perlu diperhatikan, usus yang tidak dibersihkan lebih dari 4 jam dianggap tidak layak untuk dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.