Bisnis Ayam Potong Kian Cerah Dan Menguntungkan

oleh -108 Dilihat
bisnis ayam

1. Persiapan Kandang

Kandang adalah kebutuhan wajib bagi peternak. Anda bisa menyewa kandang atau membuatnya sendiri. jika anda memilih menyewa maka tidak perlu repot membangun kandang. Namun jika memilih kandang sendiri anda mesti menentukan lokasi yang tepat. pastikan lokasi kandang tidak terlalu bising dan disinari matahari secara cukup. Sebaiknya kandang juga tidak ditempatkan pada lokasi yang memiliki cuaca terlalu ekstrem karena akan memengaruhi keberhasilan ternak.

2. Pemilihan Bibit Ayam Potong

Langkah pertama dalam bisnis ayam potong adalah proses pemilihan bibitnya. Keberhasilan bisnis ayam pedaging ini 30% keberhasilannya ditentukan oleh pemilihan DOC ayam. Anda mesti jeli dalam memilih bibit untuk ayam potong. Yang paling utama tentu bebas dari penyakit dan jamur dan berasal dari induk yang cukup umur. Selain itu bibit yang baik memiliki mata yang cerah dan aktif. Perhatikan pula kakinya. Pastikan ukurannya besar dan basah seperti berminyak dan memiliki bulu cerah. Jika ditambah beratnya sesuai standar strain tersebut maka bisa menjadi bibit unggul yang bisa anda pilih.

3. Pemeliharaan Ayam Broiler

Proses pemeliharaannya mesti anda lakukan secara benar. Pastikan panaskan kandang dengan broder selama 2-3 jam sebelum DOC dimasukan. Berikan larutan gula sebanyak 2 gram yang dimasukan ke dalam air sebanyak 100 ml. Kemudian pada awal pertumbuhan anda bisa memberi makanan yang ditebar diatas koran atau di dalam chick feeder tray. Kemudian pemberian pakan dilakukan dengan kadr sesuai takaran umur. Pastikan suhu kandang tepat pada minggu pertama antara 34-35 derajat celcius. Kemudian pada minggu kedua suhu kandang diturunkan sampai 29 derajat celcius. Jika ayam sudah cukup kuat maka bisa dilepaskan dari broder.

4. Analisis Usaha Ayam Potong

Anda pun mesti mempertimbangkan analisis laba dan ruginya untuk bisnis skala kecil ini. modal awal yang diperlukan sekitar 1.3 juta rupiah. Itu sudah termasuk dengan 5 buah kancang, tempat minum dan pakan ayam hingga lampu penerang. Modal tersebut juga sudah termasuk dengan indukan anak ayam sebanyak 200 ekor dan pakan ayam berupa 5 karung kosentrat BR serta obat-obatan. Analisis terlebih dulu modal dan alokasinya barulan anda bisa mendapatkan perhitungan labanya.

Itu dia berbagai hal terkait usaha ayam potong yang bisa anda ketahui. Jika anda tertarik memilih bisnis tersebut anda bisa memulainya mulai saat ini. semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.