,

Kenapa Telinga Berdengung Sebelah?

oleh -248 Dilihat

Sahabat kizeh.com – Banyak mitos yang dikaitkan ketika kuping berdengung, mulai dari mitos baik sampai yang buruk. Kuping berdengung terjadi pada saat tertentu saja, misalnya ketika sedang berada di keramaian atau ketika sedang sunyi. Dengungan yang terjadi di telinga bisa jadi menandakan situasi tidak normal dalam organ telinga. Telinga berdengung sebelah merupakan pertanda bahwa telinga mengalami gangguan sinyal pendengaran.

Dalam bahasa kedokteran, gangguan pada telinga disebut tinnitus. Tinnitus bisa terjadi dengan berbagai macam cara, seperti telinga berdengung, telinga berdesis, sensasi bergemuruh dan lainnya. Tinnitus merupakan kondisi abnormal yang disebabkan saraf pada telinga mengalami kerusakan.

Secara fisik, telinga manusia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga bagian dalam. Masing-masing bagian telinga mempunyai fungsi tersendi ketika mendengarkan suara. Ketika suara terdengar, maka telinga bagian luar dan tengah akan mengantarkan sinyal ke telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam kemudian akan merubah sinyal suara menjadi sinyal listrik yang akan disalurkan ke otak.

Gangguan pada salah satu bagian telinga akan membuat pendengaran terganggu. Maka dari itu jagalah telinga dari suasana terlalu bising. Telinga merupakan salah satu indra, karena tanpa telinga kita kesulitan untuk berkomunikasi. Menjaga kesehatan telinga juga perlu, sebagaimana layaknya menjaga bagian tubuh lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.